Lakukan Pungli, Kepala Desa Dianggap Tutup Mata oleh Sekdesnya

Lakukan Pungli, Kepala Desa Dianggap Tutup Mata oleh Sekdesnya
Desa Sukajaya Lempasing Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran

PESAWARAN - Tersandung masalah Pungutan Liar (Pungli) Sekretaris Desa Sukajaya Lempasing Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Mahyudin, menuding Kepala Desanya tutup mata terkait perkaranya  itu, Senin (12/07/2021).

Dugaan terjadinya pungli itu saat Pemerintah Pusat tengah mengucurkan program Bantuan Presiden (Banpres) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19.

Namun, oleh Mahyudin CS moment itu dijadikan peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan dengan mengenakan biaya Rp. 50.000, - untuk pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) pada setiap warga yang menjadi salah satu syarat untuk mengajukan UMKM tersebut.

Hal itu dikeluhkan oleh warga atas biaya yang dikenakan. Sebab, sebagian warga yang mengeluarkan biaya untuk SKU itu ada yang berhutang dengan tetangga bahkan dengan bank keliling hanya untuk mendapatkan SKU dari desa. Sementara, tidak ada jaminan pasti mereka mendapatkan bantuan UMKM itu.

Dengan terunggahnya pemberitaan di Medsos membuat Mahyudin menyesal atas perbuatannya itu. Namun dia menyesalkan sikap A. Zainuri selaku Kepala Desanya yang menurutnya tidak perduli dengan masalah  yang tengah dihadapinya hingga ia menuding Kadesnya tutup mata dan melakukan pembiaran.

"Masalah ini sudah bergulir berhari-hari tapi kenapa Kades saya ini seolah diam, walaupun dia tahu jajarannya saat ini masih bermasalah utamanya saya sebagai Sekdesnya, padahal ini masalah pemerintahan desa" tutur Mahyudin.

"Dia tidak ada perhatian sama sekali karena saya dianggap salah dan saya dibiarkan menyelesaikan masalah ini sendiri, " urainya.

"Buat saya Kades itu jangankan royal, loyalpun tidak. Padahal saat ini saya masih membutuhkan bantuan darinya terkait masalah ini, minimal diperhatikan, " sesal dan tutupnya terhadap A. Zainuri.

Terkait dengan tudingan itu, A. Zainuri keberatan dan tidak terima dengan apa yang disampaikan oleh Mahyudin Sekdesnya itu mengenai sikapnya dengan permasalahan itu.

"Saya keberatan jika Sekdes saya itu menuduh saya tutup mata atau pembiaran atas dugaannya melakukan pungli dengan warga saya, " ucap Zainuri.

"Bagaimana kalau saya tidak terima dan ikut melaporkan tindakannya itu ?? Apa tidak dia sudah jatuh tertimpa tangga pula ??, " dengan nada kesal Kades itu memaparkan sikapnya.

"Untungnya saya masih sadar, karena bagaimanapun juga dia itu Sekdes saya, yang harus saya bantu dan saya lindungi. Harusnya dia lebih bijaksana sanalah untuk mengucap terlebih dengan usianya sekarang, " harap dan tutup A. Zainuri. (Bram)

LAMPUNG PESAWARAN
Bram

Bram

Previous Article

H. Dendi, Stok Oksigen Untuk Pasien di Pesawaran...

Next Article

Kegiatan Pemberian Bansos Polres Pesawaran...

Related Posts

Peringkat

Profle

Asridal verified

Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 555

Registered: Jan 23, 2021

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 36

Postingan Tahun ini: 654

Registered: Jan 25, 2021

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 16

Postingan Tahun ini: 143

Registered: Jan 21, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 12

Postingan Tahun ini: 164

Registered: Feb 4, 2021

Profle

Aleks Waine

PSDKP Selayar Serahkan 4 Orang Pelaku Bom Ikan ke Kejari
Kades Hurun Caci Maki Wartawan Saat Konfirmasi Dana Desanya
Proyek Pengendalian Banjir di Sungai Bottoe Barru Diduga Gunakan Material Ilegal
Polemik Pelangsir BBM di SPBU Luwu Utara, Karemuddin : Mereka Penolong Bukan Rampok

Follow Us

Recommended Posts

Merah Putih Dilarang Berkibar Di Piala Thomas 2020, LMPP Mada Provinsi Lampung Desak Presiden Agar Menpora Direshuffle.
HUT DPC SPRI Ke Satu Lampung Utara Bhaksos Bagian Kegiatan Pelaksanaan
Sambut Satu Tahun Kepemimpinan Budi Utomo, GMBI Distrik Lampung Utara Adakan Demonstrasi dan Mimbar Bebas
Wujudkan Herd Immunity, DPD PAN Lampung Utara Laksanakan Vaksinasi Masyarakat Umum di Tanjung Raja
Sukseskan Vaksinasi Target 20 Ribu Peserta di Way Kanan, Wakapolres Ajak Semua Pihak Ikut  Berperan